Blog

BALI STILL SAFE FOR TOURIST

Gunung Agung merupakan salah satu objek wisata di Bali yang cukup terkenal. Gunung Agung berketinggian 3.014 meter diatas permukaan laut (dpl) dan dipercaya sebagai tempat tinggalnya para roh leluhur masyarakat Hindu Bali. Gunung Agung merupakan salah satu gunung aktif di Pulau Bali, dimana letusan terakhirnya terjadi sekitar tahun 1963 .

Gunung Agung bertipe stratovolcano yang puncaknya memiliki kawah yang cukup besar dan dalam. Terkadang dari kawahnya  mengeluarkan kepulan asap dan belerang dalam jumlah yang cukup banyak. Tepat di kaki Gunung Agung terletak Pura Besakih yang juga sangat dijaga kesuciannya oleh umat Hindu, merupakan pura terbesar di Bali. Jika dilihat dari Pura Besakih, Nampak  puncak Gunung Agung  membentuk kerucut seperti gunung pada umumnya, meskipun keadaan puncaknya sendiri sebenarnya berbentuk memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar.

Berada di ketinggian diatas 3000 meter sudah pasti bisa melihat alam Bali dan daerah sekitar secara sempurna. Pengunjung tak hanya dibius oleh pemandangan alam di sekitar Gunung Agung yang eksotis, juga Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok bisa terlihat dari puncak gunung Agung ini. Disamping Rinjani, tak kalah pula keindahan Kepulauan Nusa Penida bisa ikut juga dinikmati dari puncak gunung. Demikian juga dengan Pantai Sanur serta Gunung dan Danau Batur yang bisa dinikmati dan dipandangi sepuasnya dari daerah tertinggi Gunung Agung. Dan saat ini Gunung agung mulai aktif kembali, gunung agung erupsi sudah berlangsung sejak Sabtu (25/11/2017) sekitar pukul 17.30 Wita dengan letusan mencapai 1.500 meter. Hari Minggu (26/11/2017), diperkirakan abu sudah mencapai ketinggian 3.000 meter.

Wisatawan yang tengah berada di “Pulau Dewata” atau yang akan datang ke Bali tak perlu khawatir dan tidak perlu panik. Ini adalah fenomena alam yang menakjubkan dan sudah diperkirakan aman asalkan mengikuti prosedur yang ada. Pakar vulkanologi Surono mengatakan agar para wisatawan dan masyarakat yang ada di Bali tidak perlu panik. Sebab, tidak semua wilayah Bali tertutup dengan abu vulkanik. “Bali itu, kan, luas, tidak semuanya tertutup dengan abu, dan terbangnya mengarah ke tengggara. Denpasar ada wilayah lain seperti di sebelah barat, utara, dan selatan dari Gunung Agung yang tidak bermasalah,” kata Mbah Surono saat dihubungi

Wisatawan juga harus berada di daerah yang aman. Dikatakan  jika ingin mendekat, tetaplah pada jarak yang aman. “Ya kalau mau melihat erupsi Gunung Agung sebaiknya dari luar radius 6 kilometer (dari Gunung Agung) itu sudah cukup,” kata dia.

Sejumlah warga menyaksikan kepulan asap dan abu vulkanik yang menyembur dari kawah Gunung Agung di Desa Datah, Karangasem, Bali, Senin (27/11). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menaikkan status Gunung Agung dari level siaga ke awas setelah terjadinya peningkatan letusan dengan semburan asap dan abu vulkanik hingga ketinggian 3.400 meter. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc/17.

Wisatawan dapat mencari informasi soal arah angin yang membawa abu vulkanik tersebut sehingga nantinya dapat memilih obyek wisata di Bali yang tidak terpapar abu vulkanik.

Demi keselamatan dan kesehatan, wisatawan juga masyarakat sebaiknya sedia masker. Sebaiknya masker digunakan jika Anda berada di wilayah yang terpapar abu vulkanik.

Selain masker, hal yang Anda harus perhatikan adalah busana. Mbah Surono menyarankan agar wisatawan yang dekat dengan lokasi Gunung Agung untuk menggunakan busana lengan panjang.

“Hujan abu belum lebat, pakaiannya biasa saja, lengan panjang, kalau nggak ya pakai payung. Kalau hujan abu sudah lebat ya jangan mendekat,” tambah dia. (*)

*Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tak Perlu Panik Gunung Agung Meletus, Perhatikan 5 Hal Ini”

 

Bali Masih aman, saat ini wisatawan banyak yang mengabadikan moment ini dari jarak dekat yang aman. Wisatawan juga dapat melihat fenomena alam meletusnya gunung agung dari pulau nusa lembongan yang eksotis sambil menikmati liburan anda, di pulau ini sangat aman karena letaknya yang cukup jauh namun cukup jelas untuk melihat gunung agung.

 

Pulau Bali masih aman, kami mengamati dan mendapat informasi terkait secara langsung.”Nusa Lembongan 2017”

 

 

 Scedule Nusa Penida Festival

Please follow and like us: